Gedung Komunikasi Universitas Indonesia
Dimas (id line: dimputraaa)
pendaftaran@pekankomunikasi.net

FAQ JBC

JOURNALIST BLOG COMPETITION

 

 

Frequently Asked Question

Journalist Blog Competition – Pekan Komunikasi 2018

 

Apa itu kompetisi Journalist Blog Competition?

Kompetisi jurnalis sekolah (untuk siswa SMA dan sederajat) yang mengajak peserta meliput rangkaian penyelenggaraan Pekan Komunikasi 2018. Kompetisi ini berbasis digital, sehingga pengumpulan karya akan dilakukan secara online. Bahkan peserta juga bisa mempromosikan karyanya di social media. Kompetisi ini diselenggarakan di 8 kota Honda DBL 2017.

 

Siapa saja yang bisa mengikuti Journalist Competition?

Peserta adalah pelajar aktif (kelas X-XII) SMA sederajat di Indonesia, dan bersedia untuk datang ke kampus Universitas Indonesia jika terpilih menjadi finalis untuk mengikuti rangkaian acara Pekan Komunikasi 2018.

 

Bagaimana sistem kompetitisi Journalist Competition?

Setiap tim yang terdaftar terdiri dari dua orang yaitu satu orang penulis dan satu fotografer berasal dari sekolah yang sama. Pada tahap pertama, peserta akan mendapatkan brief lomba setelah mendaftarkan diri. Peserta kemudian membuat karya berdasarkan brief yang telah ditentukan. Dari tahap seleksi awal ini, akan dipilih 15 (lima belas) tim terbaik untuk diundang ke Universitas Indonesia pada 16-20 April 2018 untuk mengikuti rangkaian acara Pekan Komunikasi 2018.

Nantinya, lima belas tim tersebut akan berlomba meliput rangkaian acara Pekan Komunikasi 2018, dimana setiap harinya mereka akan membuat hasil liputan berupa naskah berita dan foto jurnalistik layaknya jurnalis professional. Di akhir kompetisi, akan dipilih juara 1, juara 2, juara 3, best photographer dan best writer.

 

Bagaimana sistem penilaian Journalist Competition?

Penilaian dilakukan 2 (Dua) tahap:

  • Tahap seleksi awal:

Peserta mendaftarkan diri untuk mendapatkan brief. Brief dapat didownload di sini…… Setelah mendapatkan brief, peserta membuat karya dan mengumpulkan karya berdasarkan brief yang ada. Dari karya tahap ini akan diseleksi untuk kemudian dipilih 15 (lima belas) tim terbaik yang nantinya akan diundang ke Universitas Indonesia pada 16-20 April 2018 untuk mengikuti babak final.

  • Tahap Final

15 (lima belas) tim yang lolos pada tahap seleksi awal akan diundang ke UI untuk mengikuti rangkaian acara Pekan Komunikasi 2018. Pada tahap final ini para finalis akan bertindak layaknya jurnalis professional. Mereka nantinya akan membuat liputan berupa naskah berita dan foto jurnalistik untuk diupload ke blog setiap harinya selama penyelenggaraan Pekan Komunikasi 2018. Pada babak ini, nilai fotografer dan penulis dalam tim akan diakumulasikan untuk menentukan juara 1, juara 2 dan juara 3. Penulis dengan nilai tertinggi akan mendapatkan penghargaan best writer, serta fotografer dengan nilai tertinggi akan mendapatkan penghargaan best photographer.

 

Siapa Saja Juri Journalist Competition?

Juri berasal dari kalangan praktisi jurnalistik dan ftografer professional yang telah berpengalaman. Detail juri akan diinfokan selanjutnya.

 

Adakah biaya untuk mengikuti Journalist Competition?

Biaya pendaftaran adalah Rp. 150.000,- (Seratus lima puluh ribu rupiah) per tim.

 

Kapan kompetisi Journalist Blog Competition dilaksanakan?

Acara puncak Journalist Blog Competition, dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan Pekan Komunikasi 2018 yaitu 16-20 April 2018 di Universitas Indonesia

 

Linimasa Journalist Blog Competition

Pendaftaran dan Pengunduhan Brief: 25 Maret – 5 April 2018

Batas pengumpulan karya: 9 April 2018

Pengumuman 15 Finalis: 11 April 2018

Babak Final Journalist Blog Competition: 16-20 April 2018

 

Berapakah hadiah Journalist Blog Competition

Juara 1: Medali Emas + Rp. 3.000.000,-

Juara 2: Medali Perak + Rp. 2.000.000,-

Juara 3: Medali Perunggu + Rp. 1.000.000,-

Best Writer: Paket Hadiah dari Sponsor

Best Photograper: Paket Hadiah dari Sponsor

 

 

 

Jika ada pertanyaan lain, silahkan hubungi Dimas (id line: dimputraaa)